Norma yang Paling Lemah Daya Pengikatnya

Norma yang Paling Lemah Daya Pengikatnya

Norma yang paling lemah daya pengikatnya - Kenormaan dalam masyarakat memang sangat penting. Norma ini berguna untuk mengatur segala tingkah laku serta tindakan yang orang - orang lakukan di dalam masyarakat. Hasilnya, kehidupan kemasyarakat yang ada akan lebih tertib dan tindakan yang tidak baik bisa diminimalisir jumlahnya.

Dalam masyarakat sendiri telah ada berbagai macam norma yang mengikat segala kehidupan kita. Kehadiran dari norma bisa berdampak baik kepada pelaku itu sendiri (manusia) khususnya bagi kehidupan. Biasanya mereka yang taat akan mendapatkan kehidupan masyarakat yang baik tanpa ada gangguan dari orang - orang sekitar.

Norma yang Paling Lemah Daya Pengikatnya


Norma yang berlaku di dalam khalayak umum memiliki tingkatan dan kekuatan sendiri - sendiri. Kekuatan dari norma ada yang sangat mengikat dan ada yang ikatan dalam masyarakat tidak terlalu kuat (lemah). Alhasil, dari ikatan tersebut sanksi yang di dapat juga bermacam - macam dan dampak yang diberikan pun juga begitu.

Baca juga : Bagaimana Proses Terbentuknya Norma dalam Masyarakat secara Singkat

Tanpa disadari ada beberapa norma yang paling lemah daya pengikatnya sehingga sanksi yang diterima oleh pelanggar tidak terlalu berat. Pada beberapa tindakan yang dilakukan oleh banyak orang ternyata ada beberapa yang melanggar norma lemah ini. Dan berikut ini ada ulasan mengenai norma dengan daya pengikat yang lemah di masyarakat.

Norma yang paling lemah daya pengikatnya adalah norma usage


Norma tersebut adalah norma Usage. Norma usage adalah norma yang berfokus pada perilaku - perilaku setiap individu dan akan nampak ketika sedang melakukan hubungan antara individu lainnya. Di situ akan nampak jelas dari perilaku individu itu sendiri entah itu melanggar atau menjaga norma usage tetap berdiri tegak.

Norma usage sendiri menjadi norma yang memiliki daya ikat paling lemah alhasil bagi pelanggar hanya akan mendapatkan hukuman yang sangat rendah. Contoh dari norma ini seperti mendapatkan celaan, peringatan dan hal - hal yang masih bersifat rendah dalam masyarakat. Misal, ada orang yang makan disertai suara, maka orang tersebut bisa mendapat peringatan atau celaan.

Itulah penjelasan mengenai norma dengan daya ikat paling rendah yang berlaku di dalam masyarakat kita. Ada beberapa norma lagi yang termasuk ke dalam kelompok daya ikat sanksi yang berlaku. Dan norma usage ini menjadi norma terlemah dan memiliki sanksi yang cukup minim karena kesalahan yang dilakukan tidak terlalu berarti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Norma yang Paling Lemah Daya Pengikatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel