Bagaimana Proses Terbentuknya Norma dalam Masyarakat secara Singkat

- Januari 30, 2019
advertise here
advertise here
Bagaimana Proses Terbentuknya Norma dalam Masyarakat

Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat - Dalam kehidupan manusia, tidak akan lepas dari yang namanya norma. Norma, bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat? tentunya banyak orang - orang yang tidak mengetahui hal tersebut. Mereka hanya tahu kalau mereka hidup tidak lepas dari ikatan sebuah norma yang telah berlaku. Di sini kita akan mencoba memahami bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat secara singkat.

Norma, bukanlah sebuah hal yang menakutkan dan tidak terlalu memaksakan. Sebenarnya, norma di sini bisa berfungsi sebagai alat pengatur dari aktivitas serta kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Dengan adanya norma ini tentu bisa membuat kedamaian, ketentraman serta kenyamanan di dalam masyarakat tersebut. Setelah ada norma, lalu bagaimana proses penyempurnaan terbentuknya sebuah norma yang ada.

Bagaimana Proses Terbentuknya Norma dalam Masyarakat yang Singkat


Karena di sini kita sedang memiliki masalah mengenai proses terbentuknya norma, maka selanjutnya kita akan menyelesaikan hal tersebut. Dalam prosesnya, terbentuknya sebuah norma bisa sangat beragam dari mulai norma hukum, sosial, agama dan lainnya. Beberapa norma memiliki catatan - catatan yang tertulis dan ada yang tidak. Sering kali norma yang tidak tertulis adalah norma yang berlaku di tengah - tengah masyarakat.

Langsung saja, berikut ini akan kita bahas bersama mengenai proses bagaimana terbentuknya sebuah norma yang berlaku di masyarakat secara singkat. Namun, sebelumnya, mengapa norma diperlukan dalam masyarakat ? sebab dengan adanya norma ini bisa membantu mengatur kehidupan manusia atau masyarakat yang lebih baik dan damai. Dengan begitu kerusuhan, pemberontakan dan lainnya sangat kecil terjadi. Langsung saja, berikut ini proses terbentuknya norma.


Proses Terbentuknya Norma dalam Masyarakat


Manusia sebagai makhluk sosial maka tidak akan lepas dari yang namanya sosialisasi. Ketergantungan dengan manusia lainnya adalah sifat aslinya seperti berkomunikasi dengan tetangganya. Biasanya, manusia akan hidup di dalam sebuah kelompok untuk melakukan sebuah komunikasi. Dari kelompok tersebutlah ada beberapa tipe dari kelompok komunal dan kelompok materiil. Di dalam kelompok tersebut, banyak makhluk sosial lainnya yang juga memiliki sifat yang sama.

Namun, di dalam kelompok tersebut biasanya akan timbul sebuah ketidak serasian antar makhluk sosial lainnya. Kepentingan, keinginan dan hal lainnya sering kali antara satu dengan yang lainnya berbeda. Karena hal tersebut, bisa saja membuat ketidakpahaman, bentrok kepentingan dan lainnya. Masalah - masalah tersebut mungkin saja bisa membuat masyarakat tidak nyaman dan tidak hidup dengan tenang.

Selain beberapa faktor tersebut, maka dibentuk sebuah aturan yang sering disebut dengan norma. Norma, pada umumnya digunakan sebagai sebuah pedoman atas perilaku dan kegiatan yang dilakukan manusia. Bukannya tanpa sebab, norma ini bisa menjaga keseimbangan dalam hal kepentingan dan keinginan yang dimiliki oleh masyarakat. Sehingga, kehidupan yang dilakukan manusia dapat tertata dan mudah diatur apabila ada beda kepentingan.

Bagaimana Proses Penyempurnaan Terbentuknya sebuah Norma


Setelah kita mengetahui proses terbentuknya dari sebuah norma yang ada di dalam masyarakat. Selanjutnya, kita akan mencoba memahami proses penyempurnaan dari sebuah norma. Setelah terbentuk norma, tentunya saja akan terus mengalami ketidaksesuaian dengan lingkungan masyarakat yang ada. Nah, disitulah perlunya sebuah penyempurnaan. Berikut ini penjelasannya,

Pada umumnya, norma memiliki sifat yang dinamis, penyempurnaan terjadi dengan berjalannya waktu. Di sini norma tidak akan memiliki aturan yang terus menerus sama atau tanpa perubahan. Adanya perkembangan teknologi, IPTEK, sosial budaya dan lainnya. Sehingga membuat perubahan di dalam nilai - nilai norma yang berlaku. Secara terus menerus, perubahan terjadi dan membuat sebuah norma yang baru yang mungkin dianggap lebih sesuai.

Nah, itulah penjelasan sedikit mengenai proses terbentuknya norma dalam masyarakat beserta proses penyempurnaan. Sekianlah artikel mengenai hal yang kita bahas bersama semoga bisa menambah wawasan anda semuanya.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

This Newest This Older
 

Start typing and press Enter to search